News Update :

Konsep Dasar Dan Teknologi Web

Senin, 27 Agustus 2012

Bab ini membahas dua standar kompetensi yaitu menerapkan dasar-dasar pembuatan web statits tingkat dasar dan membuat file HTML sesuai spesifikasi. penggabungan dua kompetensi ini karena kedekatan isi kompetensi dasar.
Standar kompetensei membuat file HTML sesuai spesifikasi terdiri dari empat kompetensi dasar yaitu menetapkan pemakian struktur file, membuat struktur file html, memformat file dan menambahkan objek. standar kompetensi menerapkan dasar-dasar pembuatan web statis tingkat dasar juga terdiri dari empat kompetensi dasar yaitu menjelaskan konsep dasar dan teknologi web, mempersiapkan pembuatan web, melakukan pembuatan web, dan menampilkan web di browser.



World Wide Web secara luas lebih dikenal dengan istilah Web. web pertamakali diperkenalkan pada tahun 1992. hal ini sebagai hasil usaha pengembangan yang dilakukan CERN di Swiss. internet dan web adalah dua hal yang berbeda. internet lebih merupakan perangkat keras, sedangkan web adalah perangkat lunak. selain itu protokol yang dipakai oleh keduanya juga berbeda. internet menggunakan TCPI/IP sebagai protokol operasionalnya, sedangkan web menggunakan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol).

Standar Teknologi Web

Secara umum teknologi desain web terbagi menjadi beberapa layer (lapisan),
yaitu structural layer, presentation layer dan behavioral layer.

  • Structural Layer
Layer ini berhubungan dengan struktur dokumen web. bagaimana sebuah dokumen tersusun, format apa yang dipakai, tanda atau mark up apa yang digunakan merupakan bagian dari layer. Standar teknologi yang direkomendasikan saat ini adalah Extensible Hypertext Markup Language (XHTML) dan Extensible Markup Language (XML). XHTML adalah HTML versi terakhir (4.01) yang ditulis ulang dengan aturan-aturan yang lebih ketat mengacu pada XML. Sedangkan XML adalah sekumpulan aturan untuk menyusun bahasa markup.

  • Presentation Layer
Layer ini berhubungan dengan bagaimana mengatur tampilan dokumen pada layar, suara yang keluar , atau bagaimana format pencetakan dokumen. pada teknologi web lama bagian ini menyatu dengan structural layer. Tapi pada standar baru, Layer ini disarankan untuk dipisah. yang termasuk teknologi ini adalah Cascading Style (CSS).

  • Behavioral Layer
Layer ini berhubungan dengan masalah penggunaan bahasa skrip dan pemogramannya untuk tujuan meningkatkan sisi interaktif dan dinamis halaman web. yang termasuk dalam layer ini adalah Document Object Model (DOM) dan JavaScrift. DOM memungkinkan suatu dokumen atau skrip untuk mengakses atau meng-update isi, struktur, dan style dari dokumen. JavaScript merupakan teknologi yang cukup lama dan tetap digunakan untuk menambah dokumen menjadi lebih interaktif


sumber : Buku sekolah Elektronik (BSE) RPL



Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© Copyright WhatEver 2010 -2011 | Design by darus salam | Published by smk ti dadaha informatik | Powered by .